Monday, September 28, 2015

DOWNLOAD DISINI Sandi, Morse, Semaphore

DOWNLOAD DISINI Sandi, Morse, Semaphore

          Aplikasi Semaphore ini setipe dengan Aplikasi Morse yang kita bagikan sebelumnya juga di ambil dari pramukanet.org , aplikasi yang digunakan agar adik - adik pramuka mudah dalam menghafal semaphore ini juga kami reshare di Materi Pramuka Indonesia Online semoga bermanfaat.
Sebelum mendownload APLIKASI SEMAPHORE ini pastikan bahwa adik-adik tetap menjaga semangat berlatih pramuka, bagaimanapun caranya. 

 

         Kata sandi berasal dari bahasa Sanskerta, yang artinya rahasia. Karena itu maka tulisan rahasia disebut sandi, atau tulisan-tulisan yang dirahasiakan. Huruf atau kata sandi sulit dimengerti kecuali kalau kita mengetahui kunci atau cara memecahkannya.
Asal mula sandi ini berasal dari para pahlawan jaman dulu yang suka berkelana dan suka berpindah-pindah tempat tinggal,untuk itu mereka harus memiliki kata sandi dan bisa mempergunakannya berbagai bentuk sandi untuk mengecoh / mengelabui lawan-lawan atau musuhnya.
Nah yang akan kita bahas kali ini adalah sandi yang paling diutamakan dan yang paling umum digunakan oleh pramuka penegak saat ini yaitu Morse dan Semaphore. Namun sebelumnya, kenalan dulu yuk sama sandi yang satu ini :

1. SANDI KOTAK 1


2. SANDI KOTAK 2


Sandi Kotak II

3. SANDI KOTAK 3


Sandi Kotak 3 kunci sandi kotak tiga - pasukan kusumayudha pramuka lampung timur

4. SANDI MORSE

morse33
teknikMORSE

5. SANDI RUMPUT

untitled

6. SEMAPHORE

Penyampaian isyarat semaphore atau semafor dilakukan dengan menggunakan sepasang bendera. Bendera berukuran 40 x 40 cm dengan tongkat pegangan sepanjang 50 cm. Tidak ada ketentuan yang mengikat terkait warna bendera semphore, namun yang umum digunakan terutama dalam Gerakan Pramuka adalah warna kuning dan merah bersilangan.
Seorang pramuka tengah memberikan isyarat semaphore
Bagi pramuka terutama golongan penggalang hingga pandega keterampilan dan penguasaan semaphore sangat diperlukan. Selain semafore menjadi salah satu syarat dalam SKU (Kecakapan Umum) dan SKK (Kecakapan Khusus Juru Semboyan dan SKK Juru Isyarat Bendera), semaphore akan sangat bermanfaat dalam situasi darurat serta dapat melatih kemampuan motorik dan daya ingat.
semaphore2 950724-N-0000B-001

semaphore22
semaphore

No comments:

Post a Comment